Kamis, 04 Juli 2013

Macam Macam Manfaat Kain Sarung

Manfaat Lain
Selain sebagai pakaian resmi, sarung ternyata mempunyai fungsi-fungsi yang terdengar guyon, tetapi memang terjadi di tengah masyarakat. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pengganti selimut

Biasanya, ini dilakukan warga kampung. Jika mereka melakukan ronda atau aktivitas keluar malam lainnya, mereka akan menggunakan sarung sebagai selimut. Bahkan, terkadang dipakai juga untuk tidur.

2. Kamar pas darurat saat hendak berganti baju

Biasanya, jika tak ada penghalang khusus di sebuah ruangan, sarung kerap kali bermanfaat sebagai pakaian darurat untuk berganti baju atau celana.

3. Topeng ala ninja khas anak

Ini yang biasa dilakukan anak-anak jika mereka melakukan permainan aksi ninja-ninjaan. Sarung dipakaikan di kepala seperti halnya mukena dan menyisakan dua mata saja. Bahkan, ini juga berlaku bagi maling-maling di kampung.

4. Alat senjata terakhir jika kepepet

Sarung pun kerap kali dijadikan senjata jika sudah dalam kondisi terdesak. Bagi yang mahir memainkannya, sarung ternyata mampu menangkis serangan atas senjata tajam musuh seperti yang dilakukan jagoan betawi si Pitung.

5. Pengganti tas pakaian

Ini biasanya dilakukan jika kepepet, misalnya hendak kabur atau dalam kondisi chaos, misalnya kebakaran dan kebanjiran. Sarung bisa membungkus apa saja. Bahkan, televisi pun bisa masuk. Caranya, sarung digelar, lalu masukkan barang-barang Anda. Lalu, ikat ujung-ujung sarung secara bersilangan.

6. Ayunan bagi balita

Ini jelas masih berlaku di pedesaan. Sarung kerap kali dijadikan ayunan tempat tidur si buah hati. Bahkan, masih juga ditemukan puskesmas yang menggunakan kain sarung sebagai dudukan saat bayi hendak ditimbang.
Nah, banyak bukan manfaat rahasia di balik kisah sarung yang identik dengan santri ini? Anda mungkin tahu lebih banyak lagi fungsi apa saja selain yang di atas. Intinya, selalu saja ada manfaat lain pada benda yang kadang kita tidak ketahui, dll.


Contoh :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar